Minimalis Home Design

DSC00264
Saya kok merasa kurang kalau tidak menulis salah satu aliran “gaya” arsitektur yang satu ini, walau kami bukan 100% pengikut aliran tersebut, namun tidak ada salahnya kita mengetahuai dan berbicara dengan aliran yang pernah “tenar” di era tahun 50-an di Kawasan Amerika sana. Banyak para arsitek kenamaan dunia mendedikasikan dirinya untuk selalu mengikuti gaya ini, dan akhirnya banyak bangunan di Amerika yang dibangun kira-kira setengah abad yang lalu dan sekarang malah menjadi “kiblat” untuk para arsitek profesional seluruh dunia dalam menelorkan berbagai desain dan karyanya.
Tidak ayal jika pengaruh tersebut terbawa oleh “angin” dan mendarat di Negara kita Indonesia dan kemudian diminati berbagai kalangan dari masyarakat kita, dan munculah gaya minimalis pada rumah tinggal khususnya dan pada umumnya pada bangunan-bangunan komersial yang lainnya. Desain rumah akhir-akhir ini mengalami peningkatan yang sangat pesat dan cepat, kita bisa menemui beberapa home design berkembang diantaranya: desain modern minimalis, modern, mediterania, klasik, etnik modern, dll. Hal ini memanglah terjadi berkembang dan diminati sesuai perkembangan jaman, kita pun semakin menyadari bahwa home architect dan design architect sangat berpengaruh bagi keindahan desain rumah kita.
Design Architect rumah gaya minimalis yang berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Kami banyak menemui masyarakat yang menghendaki menggunakan gaya minimalis untuk mengikuti mode. Biasanya yang suka untuk gaya tersebut para kalangan anak muda, eksekutif dengan pola hidup dinamis, gaya hidup kota, dan semua serba simpel, rapi dan elegan dan inilah yang mengekspresikan diri mereka sendiri.
sangat jelas dan tidak salah jika gaya tersebut tidak hanya salahsatu gaya arsitektur saja, melainkan juga jawaban  perkembangan zaman yaitu mendapatkan “hasil yang maksimal dari sesuatu yang minimal” . bisa jadi ini dana pembangunan yang minim, atau bahkan gaya hidup yang diminimalkan. berbagai alasan terlontar,  gaya ini dipakai karena keterbatasan dana, namun dibalik keterbatasan justru masih dapat mengikuti trend. ya sah-sah saja alasan tersebut, namun disana ada jurus-jurus jitu lainnya yang dapat menekan biaya agar terjangkau.
Simak saja tampilan Home Design Minimalis tanpa ornamen berlebihan, tanpa pernik-pernik, memakai bahan-bahan yang diekspose terkesan apa adanya “jujur” dalam penampilan, tidak “lebay”. Bak seorang eksekutif dengan tampilan kerja yang bersih, rapi, elegan, praktis dan mengekspresikan dirinya, dan bagi banyak orang hal ini menyenangkan.
minimalis
Ada alasan bahwa gaya ini salahsatu bentuk protes oleh para penganut paham minimalisme atas eksploitasi hasil sumber daya alam secara habis-habisan yang digunakan sia-sia. Ada juga yang mengemukakan bahwa ini “back to basic” karena ketika timbulnya di Amerika dianggap suatu yang sangat positif dari suatu gerakan modern.
kalau menurut Anda, apa gaya desain rumah yang anda sukai…??

Blog Archive